Breaking News
Loading...

Info Post
Bahan-bahan obat, yang merupakan hasil-hasil berbagai tanaman obat yang terolah dengan baik, mungkin hanya sebgaian saja yang dipakai keluarga guna pengobatan, dan sebagian besarnya di jual. Dengan demikian setiap musim panen dapat diperoleh penghasilan tambahan untuk keluarga,

Kalau kegiatan mewujudkan apotik hidup itu dikoordinir oleh PKK maka penjualan bahan obat-obatan tersebut dapat pula dikoordinir bagian usaha PKK yang telah mengadakan hubungan dengan penerima bahan obat-obatan tersebut.

Dengan diterimanya pendapatan tambahan yang cukup memuaskan oleh tiap keluarga, maka gairah dan kegiatan untuk mengembangkan apotik hidupnya dapat ditingkatkan, sehingga kegiatan usaha yang tadinya merupakan usaha sampingan dapat berubah menjadi usaha kegiatan keluarga yang pokok.

Oleh pengusaha-pengusaha yang bergerak dibidang pemasran bahan-bahan obat, setelah ditampung dan diolah sesuai persyaratan yang dikemukakan para pembeli diluar negeri  maka bahan-bahan ini akan di ekspor. Hanya saja dalam usaha pejualan bahan-bahan obat yang merupakan hasil-hasil tanaman diperlukan kejujuran, artinya kemurnian bahan-bahan obat tersebut harus diperhatikan, tidak dicampur dengan bahan-bahan dari tanaman lain yang tidak berhkasiat obat. Pada umumnya pembeli akan melakukan pemeriksaan/pengujian untuk menentukan atau mengetahui nilai-nilai kemurniannya. Cara-cara pemeriksaan/pengujian secara garis besarnya sebagai berikut:
  • Pemeriksaan secara organoleptik:
    Pemeriksaan disini dilakukan secara panca indera terhadap bentuk, rasa dan bau yang perhatikan adalah bentuknya, ukurannya, warna bagian luar dan dalam, retakan-retakan, serat-serat serta gumapalam-gumapalannya.
  • Pemeriksaan secara mikroskopik:
    Meliputi pemeriksaan terhadap irisan melintang dan terhadap serbuk.
  • Pemeriksaan secara kimiawi:
    • yang kualitatif, untuk memperolehidentifikasi, melalui reaksi-reaksi warna dan pengendapan, yang biasanya didahului dengan pengisolasian zat-zat yang dikehendaki melalui cara pelarutan, penyaringan dan mikro-sublimasi
    • Yang kuantitatif, yaitu tentang kadarnya, ukuran timbangan pengepakan dan lain-lain, karena itu biasa juga disebut penetapan kadar.
Selain cara-cara seperti diatas masih terdapat juga cara pemeriksaan fisika dan cara pemeriksaan biologik. Asalkan carapengolahan bahan-bahan obat dilakukan dengan baik, jujur, sehingga merupakan bahan-bahan murni kering, bebas dari campuran-campuran, maka bagi kita yang akan menjualnya tidak perlu berkecil hati, karena walaupun diperiksa, hasil pemeriksaan tentu akan tetap baik.