Breaking News
Loading...

Info Post
Setelah proses pengeringan selesai, bahan-bahan yang telah kering itu perlu dipilih (disortir), yang mulus dipak mejadi satu sebagai produk yang baik, yang kalau dijual tentu harganya tinggi, sedang yang kurang mulus dipak pula menjadi satu, harga jualnya pun tentu akan lebih rendah.

Dengan pemilihan ini dimaksudkan agar bagian-bagian tanaman dapat dipisahkan, misalnya: daun dipisahkan dari tangkaianya, demikian pula kuncup bunga debu, pasir, kerikil sewaktu pengeringan dihilangkan, juga bahan organik asing yang turut terbawa dibuang, dengan demikian terwujud mutu bahan-bahan obatan yang baik.

Baik buat kepentingan pemakaian sendiri maupun bagi penjualan, penyimpanannya harus dilakukan dengan baik agar mutunya tetap terjamin. Tempat penyimpanan/ruangan khusus harus bersih, tidak panas, kedap tikus dan hama lainnya, berudara kering dan tidak terlalu terang. Dengan demikian mutu dan baunya tidak terpengaruh oleh keadaan luar, penggunaan kantong kertas, keranjang, peti kayu dapat dinyatakan kurang baik, mutu dan bau dapat berubah selain mudah tersobek oleh tikus dan serangga lainnya.

Bahan-bahan obat itu dapat pula diawetkan dengan menggunakan kloroform, karbon tetraklorida atau sejenis zat pengawet lainnya yang mudah menguap dan tidak meninggalkan sisa.